Basis mesin Honda K56 DOHC overstroke? bagus saja tuh kedengarannya..
Assalamualaikum guys..
Moga
kabarnya makin baik aja nih : )
Pada
topik blog admin kali ini, admin akan membahas tentang basis mesin yang akan
digunakan oleh Honda K56.
Yap..
basis mesin yang akan digunakan adalah mesin DOHC.. terdengar biasa-biasa saja, namun karakter mesinnya adalah Overstroke. Tidak seperti biasanya Honda
membuat mesin seperti ini. karena karakter mesin DOHC yang paling umum adalah DOHC Overbore.
Mungkin
saja Honda ingin memiliki mesin yang
tidak hanya mempunyai akselerasi galak, namun juga memiliki power yang selalu
mengisi pada RPM tinggi. Makanya dipilihlah mesin DOHC dengan karakter
overstroke..
Karena
mungkin sudah gerah dengan pabrikan sebelah yang rata-rata mesin motornya
memiliki akselerasi galak, honda ingin membuat sesuatu yang baru.. yaitu mesin
DOHC overstroke yang karakternya sudah dijelaskan di atas.. mungkin ini bukan
pertama kalinya dibuat di dunia.. namun ini
adalah pertama kalinya mesin DOHC overstroke akan dibuat di indonesia untuk basis mesin motor dan mesin
tersebut akan ditaruh pada Honda K56A dan mungkin bisa juga di Honda K56F
(semoga saja mesinnya sama karena bisa menghemat cost pembuatan spare part itu
sendiri).
Inilah
Ukuran bore x stroke pada mesin DOHC Honda K56 :
57,4mm x 57,4mm x 57,7mm = 149,2cc atau dibulatkan jadi 150cc
hhmmm
lumayan juga nih...
Itu
sih masih biasa.. tapi karena ukuran strokenya yang panjang, sudah semestinya
mesin tersebut pakai gear rasio lebar karena tidak hanya bisa untuk menghemat
bbm karena torsi sudah mengisi sejak RPM rendah, namun juga bisa meningkatkan
top speed. (btw.. jumlah gear yang akan digunakan adalah 6 biji).
Dan
itu juga sih masih biasa.. tapi bayangkan saja jika ingin melakukan bore up,
kita hanya perlu menancapkan 1 paket silinder CBR150R atau CBR250R.. dan ini
hasilnya.
Bore
piston CBR150R x Stroke Honda K56
63,5mm x 63,5mm x 57,7mm = 182638,747625 atau 183cc?!
Noh liat..
tancap 1 paket silinder CBR150R ke mesin Honda K56 aja sudah maknyos tenan..
apalagi jika dipasang 1 paket silinder CBR250R?
Bore
piston CBR250R x Stroke Honda K56
76mm x 76mm x 57,7mm = 261621,032 atau 262cc.. buset dah
Nah..
ini baru sangar bin gila nih... habis itu bisa ditune-up lagi sampai
full (pasokan bahan bakar dibanyakin, korek full bagian head cylinder, peak
power dinaikan sampai ke RPM lebih tinggi dari yang standar).. bukan tidak
mungkin jika tenaganya bisa mencapai 45hp..
Dengan
begini.. mesin DOHC dengan karakter Overstroke? Gak terlalu buruk lah.. malah
bagus nih...
“..Nafas di Rpm tinggi bakal terisi terus karena menggunakan mesin DOHC dan akselerasi bakal
terasa mantap karena karakter mesin sudah Overstroke..”
Nah
itu saja pembahasan topik ini.. kurang lebihnya mohon maaf.. semoga bermanfaat
bagi kita semua..
Terima
kasih
Wassalamualaikum..
2 comments
Write commentssangat bermanfaat cek balik ya agan farieseseses
Replyyo gan.. slmt berkunjung kembali mas didan :v
ReplyEmoticonEmoticon