Basis mesin Honda K56 DOHC overstroke? bagus saja tuh kedengarannya..

Basis mesin Honda K56 DOHC overstroke? bagus saja tuh kedengarannya..

Assalamualaikum guys..

Moga kabarnya makin baik aja nih : )

Pada topik blog admin kali ini, admin akan membahas tentang basis mesin yang akan digunakan oleh Honda K56.



Yap.. basis mesin yang akan digunakan adalah mesin DOHC.. terdengar biasa-biasa saja, namun karakter mesinnya adalah Overstroke. Tidak seperti biasanya Honda membuat mesin seperti ini. karena karakter mesin DOHC yang paling umum adalah DOHC Overbore.

Mungkin saja Honda ingin memiliki mesin yang tidak hanya mempunyai akselerasi galak, namun juga memiliki power yang selalu mengisi pada RPM tinggi. Makanya dipilihlah mesin DOHC dengan karakter overstroke..


Karena mungkin sudah gerah dengan pabrikan sebelah yang rata-rata mesin motornya memiliki akselerasi galak, honda ingin membuat sesuatu yang baru.. yaitu mesin DOHC overstroke yang karakternya sudah dijelaskan di atas.. mungkin ini bukan pertama kalinya dibuat di dunia.. namun ini adalah pertama kalinya mesin DOHC overstroke akan dibuat di indonesia untuk basis mesin motor dan mesin tersebut akan ditaruh pada Honda K56A dan mungkin bisa juga di Honda K56F (semoga saja mesinnya sama karena bisa menghemat cost pembuatan spare part itu sendiri).

Inilah Ukuran bore x stroke pada mesin DOHC Honda K56 :
57,4mm x 57,4mm x 57,7mm = 149,2cc atau dibulatkan jadi 150cc

hhmmm lumayan juga nih...

Itu sih masih biasa.. tapi karena ukuran strokenya yang panjang, sudah semestinya mesin tersebut pakai gear rasio lebar karena tidak hanya bisa untuk menghemat bbm karena torsi sudah mengisi sejak RPM rendah, namun juga bisa meningkatkan top speed. (btw.. jumlah gear yang akan digunakan adalah 6 biji).

Dan itu juga sih masih biasa.. tapi bayangkan saja jika ingin melakukan bore up, kita hanya perlu menancapkan 1 paket silinder CBR150R atau CBR250R.. dan ini hasilnya.

Bore piston CBR150R x Stroke Honda K56
63,5mm x 63,5mm x 57,7mm = 182638,747625 atau 183cc?!

Noh liat.. tancap 1 paket silinder CBR150R ke mesin Honda K56 aja sudah maknyos tenan.. apalagi jika dipasang 1 paket silinder CBR250R?

Bore piston CBR250R x Stroke Honda K56
76mm x 76mm x 57,7mm = 261621,032 atau 262cc.. buset dah

Nah.. ini baru sangar bin gila nih... habis itu bisa ditune-up lagi sampai full (pasokan bahan bakar dibanyakin, korek full bagian head cylinder, peak power dinaikan sampai ke RPM lebih tinggi dari yang standar).. bukan tidak mungkin jika tenaganya bisa mencapai 45hp..

Dengan begini.. mesin DOHC dengan karakter Overstroke? Gak terlalu buruk lah.. malah bagus nih...

“..Nafas di Rpm tinggi bakal terisi terus karena menggunakan mesin DOHC dan akselerasi bakal terasa mantap karena karakter mesin sudah Overstroke..”

Nah itu saja pembahasan topik ini.. kurang lebihnya mohon maaf.. semoga bermanfaat bagi kita semua.. 

Terima kasih

Wassalamualaikum..
Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
May 23, 2015 at 5:34 AM delete

sangat bermanfaat cek balik ya agan farieseseses

Reply
avatar
Sunnyday
AUTHOR
May 24, 2015 at 10:45 PM delete

yo gan.. slmt berkunjung kembali mas didan :v

Reply
avatar