semoga kabarnya makin baik saja, maaf saya jarang update kali ini.. sering sibuk di dunia nyata.
pada postingan kali ini, saya akan mejelaskan (pendek saja) tentang potensi mesin sonic 150r/ all new cb150r. pada dasarnya mesin sonic 150r dengan mesin all new cb itu satu mesin, cuma ubahan profil camshaft saja yang berbeda yang membuat power sonic dan all new cb juga berbeda.
meskipun mesin tampil dengan rasa baru, yaitu karakter near square yang keuntungannya power bisa di dapat di rpm yg lebih rendah dan feeling power mengisi terus semenjak rpm rendah. ya jadi lebih hemat bbm. namun tidak sedikit orang yang meragukan mesin baru tersebut. mungkin karena rentang rpm turun drastis menjadi 11000Rpm saja dan juga feeling putaran atas yang ganas juga mulai menghilang pada mesin all new cb150r
mesin all new cb150r pada dasarnya sama dengan mesin sonic 150r
lalu bagaimana dengan potensi terpendamnya? wah ternyata mantap juga nih..
kita lihat bagian stroke (panjang langkah) nya.
sumber : motogokil.com
lihat saja ukuran stroke new cb150r, lebih panjang dari ukuran stroke old cb150r = 57.8mm
sebenarnya tidak ada yang istimewa, namun jika bagi anda yang mengerti atau bahkan sering oprek motor, ini bagaikan udang dibalik batu..
ya karena dengan ukuran stroke yg sudah panjang. kita hanya perlu melakukan bore up saja untuk menaikan performa. jadi biaya tidak keluar terlalu banyak.
contoh paket bore up.
ukuran bore x stroke all new cb150r sebelum di bore up :
57,3mm x 57,3mm x 57,8mm = 148,9cc
dan ukuran bore x stroke SETELAH di bore up (misalkan kita pakai piston ukuran 60mm*) :
60mm x 60mm x 57,8mm = 163cc. hmm sudah terdongkrak kira-kira 15cc
mengingat bahwa ketebalan boring lumayan tipis, dan yang pernah saya baca bahwa ukuran maksimal piston yg bisa masuk adalah berkisar 61-62mm (hanya bisa utk race). sehingga batas aman yg diperbolehkan adalah piston ukuran 58-60mm. kendati begitu, itu sudah cukup utk memperoleh tenaga lebih besar, apalagi jika dibarengi dgn mengganti ECU dll.*
itu saja hal yang saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. mohon maaf bila ada salah
wassalamu'alaikum
*saya revisi karena data sebelumnya tidak valid
mantap gan... lagi nyari paketan bore up all new honda CB150R ... dimana ya gan... ada info ga..?
ReplyDeleteMaaf gan bru balas..
DeleteUntuk paket bore up new cb150 belum ada bro.. tapi agan masi bisa boreup sendiri dengan piston old cbsf yang berukuran 63,5mm
Trima kasih smoga membantu
Bro, emang piston old cb sama new cb bisa pnp langsung
ReplyDeleteBro, emang piston old cb sama new cb bisa pnp langsung
ReplyDeleteYang jadi masalah itu setebal apa boring silinder new cb karena rata2 honda itu pelit di soal ketebalan boring dan juga jarak besi pangkon (tusuk sate).
ReplyDeleteYang jadi masalah itu setebal apa boring silinder new cb karena rata2 honda itu pelit di soal ketebalan boring dan juga jarak besi pangkon (tusuk sate).
ReplyDeleteuntuk info tentang ketebalan liner mesin k56, sy masi belum tau om.. tpi kyknya masi bisa diakali pke liner mesin yg lebih gede
DeleteLho kok ngarang nga kluar banyak biaya, buat ngejejelin piston 61mm aja udh coak crankcase kemana2, dan itu max kategori aman pake piston 62mm, selebihnya cor crankcase, geser tiang 😂😂😂
ReplyDeletemaaf bro ssudah ane revisi. thx sblumnya
DeleteGnti aj dngn blok msin happy yg ad grobknya,tu motr jug pkk radiator sipp njosss n cc 200
ReplyDeleteGnti aj dngn blok msin happy yg ad grobknya,tu motr jug pkk radiator sipp njosss n cc 200
ReplyDelete