Potensi terpendam dari mesin Sonic 150R dan all new CB150R yg sedikit diketahui orang (revisi)

assalamualaikum guys

semoga kabarnya makin baik saja, maaf saya jarang update kali ini.. sering sibuk di dunia nyata.

pada postingan kali ini, saya akan mejelaskan (pendek saja) tentang potensi mesin sonic 150r/ all new cb150r. pada dasarnya mesin sonic 150r dengan mesin all new cb itu satu mesin, cuma ubahan profil camshaft saja yang berbeda yang membuat power sonic dan all new cb juga berbeda.
meskipun mesin tampil dengan rasa baru, yaitu karakter near square yang keuntungannya power bisa di dapat di rpm yg lebih rendah dan feeling power mengisi terus semenjak rpm rendah. ya jadi lebih hemat bbm. namun tidak sedikit orang yang meragukan mesin baru tersebut. mungkin karena rentang rpm turun drastis menjadi 11000Rpm saja dan juga feeling putaran atas yang ganas juga mulai menghilang pada mesin all new cb150r

 mesin all new cb150r pada dasarnya sama dengan mesin sonic 150r

lalu bagaimana dengan potensi terpendamnya? wah ternyata mantap juga nih..

kita lihat bagian stroke (panjang langkah) nya.

sumber : motogokil.com

lihat saja ukuran stroke new cb150r, lebih panjang dari ukuran stroke old cb150r = 57.8mm

sebenarnya tidak ada yang istimewa, namun jika bagi anda yang mengerti atau bahkan sering oprek motor, ini bagaikan udang dibalik batu.. 
ya karena dengan ukuran stroke yg sudah panjang. kita hanya perlu melakukan bore up saja untuk menaikan performa. jadi biaya tidak keluar terlalu banyak.

contoh paket bore up.

ukuran bore x stroke all new cb150r sebelum di bore up :
57,3mm x 57,3mm x 57,8mm = 148,9cc
dan ukuran bore x stroke SETELAH di bore up (misalkan kita pakai piston ukuran 60mm*) :
60mm x 60mm x 57,8mm = 163cc. hmm sudah terdongkrak kira-kira 15cc

mengingat bahwa ketebalan boring lumayan tipis, dan yang pernah saya baca bahwa ukuran maksimal piston yg bisa masuk adalah berkisar 61-62mm (hanya bisa utk race). sehingga batas aman yg diperbolehkan adalah piston ukuran 58-60mm. kendati begitu, itu sudah cukup utk memperoleh tenaga lebih besar, apalagi jika dibarengi dgn mengganti ECU dll.*

itu saja hal yang saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. mohon maaf bila ada salah

wassalamu'alaikum

*saya revisi karena data sebelumnya tidak valid

11 Comments

  1. mantap gan... lagi nyari paketan bore up all new honda CB150R ... dimana ya gan... ada info ga..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf gan bru balas..

      Untuk paket bore up new cb150 belum ada bro.. tapi agan masi bisa boreup sendiri dengan piston old cbsf yang berukuran 63,5mm

      Trima kasih smoga membantu

      Delete
  2. Bro, emang piston old cb sama new cb bisa pnp langsung

    ReplyDelete
  3. Bro, emang piston old cb sama new cb bisa pnp langsung

    ReplyDelete
  4. Yang jadi masalah itu setebal apa boring silinder new cb karena rata2 honda itu pelit di soal ketebalan boring dan juga jarak besi pangkon (tusuk sate).

    ReplyDelete
  5. Yang jadi masalah itu setebal apa boring silinder new cb karena rata2 honda itu pelit di soal ketebalan boring dan juga jarak besi pangkon (tusuk sate).

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk info tentang ketebalan liner mesin k56, sy masi belum tau om.. tpi kyknya masi bisa diakali pke liner mesin yg lebih gede

      Delete
  6. Lho kok ngarang nga kluar banyak biaya, buat ngejejelin piston 61mm aja udh coak crankcase kemana2, dan itu max kategori aman pake piston 62mm, selebihnya cor crankcase, geser tiang 😂😂😂

    ReplyDelete
  7. Gnti aj dngn blok msin happy yg ad grobknya,tu motr jug pkk radiator sipp njosss n cc 200

    ReplyDelete
  8. Gnti aj dngn blok msin happy yg ad grobknya,tu motr jug pkk radiator sipp njosss n cc 200

    ReplyDelete