Pengertian Teks Negosiasi

Pengertian teks negosiasi (mini update)

Assalamualaikum pembaca!

Pada hari ini saya akan menjelaskan apa itu teks negosiasi, dari pengertiannya sampai contoh teks negosiasi tersebut. Berikut inilah pengertian tentang teks negosiasi.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), negosiasi adalah: Proses
tawar-menawar dengan jalan berunding guna mencapai kesepakatan
bersama antara satu pihak dan pihak lainnya; penyelesaian sengketa secara
damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa.

dan arti singkatnya...

Negosiasi adalah suatu bentuk komunikasi langsung antara dua belah pihak yang menuntut persamaan pendapat dan penyelesaian bersama untuk mencapai kata sepakat.
Tujuan negosiasi 
1.       Membuat suatu kesepakatan agar dapat menemukan jalan keluar; dan
2.       Membuat kedua belah pihak dapat menentukan penyelesaian bersama untuk mencapai kesepakatan.

tindakan agar negosiasi berjalan lancar :
1.       Mengajak untuk membuat kesepakatan;
2.       Memberikan alasan mengapa harus ada kesepakatan;
3.       Membandingkaan beberapa pilihan;
4.       Memperjelas dan menguji pandangan yang dikemukakan;
5.       Mengevaluasi kekuatan dan komitmen bersama; dan
6.       Menetapkan dan menegaskan kembali tujuan negosiasi.

Cara yang santun dalam bernegosiasi :
1.       Menyesuaikan pembicaraan ke arah tujuan praktis;\
2.       Mengakomodasi butir-butir perbedaan dari kedua belah pihak;
3.       Mengajukan pandangan baru dan meninggalkan pandangan yang lama
4.       Mengalokasi tugas dan tanggung jawab masing-masing; dan
5.       Mempriotaskan dan mengelompokkan saran atau pendapat dari kedua belah pihak.

Struktur teks negosiasi:
1.       Orientasi;
2.       Permintaan;
3.       Pemenuhan;
4.       Penawaran;
5.       Pembelian; dan
6.       Penutup.

Dan kesimpulannya :
1.       Negosiasi menghasilkan keputusan yang saling menguntungkan;
2.       Negosiasi adalah sarana untuk mencari penyelesaian;
3.       Negosiasi mengarah pada tujuan praktis; dan
4.       Negosiasi mempriotaskan kepentingan bersama.

Contoh teks negosiasi
Di suatu siang yang terik, ada seorang remaja muda sedang berjalan menuju sebuah showroom motor bekas untuk membeli sebuah motor. Dan remaja muda pun masuk kedalam showroom motor tersebut, dan seorang sales menyapanya dengan ramah.
Sales                  : selamat siang mas, ada yang bisa saya bantu?
Remaja muda    : iya mas, saya ingin membeli sebuah motor sport.
Sales                  : oh iya mas, silahkan mari dipilih.

Setelah keliling mencari motor sport yang akan dicarinya, dia akhirnya menemukan motor yang pas dengan hatinya.

Remaja muda    : wah ini motor sportnya bagus sekali, saya jadi tertarik untuk membelinya.

Sales                  : wah saya senang anda suka motor ini, apakah anda memang tertarik untuk membelinya?

Remaja muda    : tentu saja, berapa ya harga motor ini?

Sales                 : harga motor ini Rp 26.500.000,00

Remaja muda    : waduh mahal sekali.. apakah harganya bisa kurang ? jadi sekitar Rp 25.000.000,00 ?
Sales                  : wah maaf mas, saya tidak bisa menurunkan harga sampai segitu. Rugi nanti saya mas. Bagaimana jika Rp 26.000.000,00?

Remaja muda    :  waduh mas, itu masih terlalu mahal bagi saya. Saya sudah datang jauh kemari hanya untuk membeli motor ini dan saya sudah jatuh hati sama motor ini. Bagaimana jika harganya dikurangi jadi Rp 25.750.000,00 saja?

Sales                  : masih belum bisa mas, saya sudah menanggung biaya sewa tempat ini dan penjualan pada bulan ini sedang mengalami penurunan. Saya takut jika bisnis ini bangkrut.

Remaja muda    : iya deh saya mengerti dengan nasib mas sebagai sales disini. Bagaimana jika harganya dikurangi menjadi Rp 25.500.000,00? Itu penawaran akhir saya, setuju?

Sales                  : iya sebenarnya ini masih belum boleh, tapi mau gimana lagi? Saya juga kasian sama mas.. ya saya setuju dengan harga tersebut. Ini kunci motornya mas, sebentar dulu mas. Saya mau menulis bukti pembayaran motor ini..

Remaja muda    : wah terima kasih sekali mas. Saya tidak menyangka jika saya bertemu sales yang baik seperti anda.

Sales                  : terima kasih kembali mas, ini bukti pembayarannya dan ini helmnya mas.

Remaja muda    : semoga usahanya makin sukses ya mas.

Sales                  : iya mas. Terima kasih lagi.

Remaja muda pun meninggalkan showroom motor tersebut dengan motor sportnya tersebut.


-------------------------------------------------------------------------------

Itu saja dari penjelasan saya tentang teks negosiasi, semoga bermanfaat untuk anda.

Terima kasih

Wassalamualaikum

Kritik dan saran dibutuhkan

Sumber : buku bahasa indonesia kelas 1 SMA dan pendapat saya sendiri
Previous
Next Post »