Kelebihan dan kekurangan Program akselerasi sekolah

Kelebihan dan Kelemahan Program Akselerasi 

Assalamualaikum wr.wb 

Anda pasti tahu dengan program sekolah yang satu ini, yap. Program akselerasi adalah program yang dibutuhkan oleh siswa/murid yang menginginkan belajar ritme cepat (namun tidak secepat lagu rap god :D) program ini  adalah program sekolah yang paling eksklusif yang pernah ada. Bayangkan saja, sekolah bisa selesai dalam 2 tahun saja. Lebih cepat satu tahun daripada program reguler. namun dibalik itu semua, tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari program akselerasi tersebut. Berikut contoh kelebihan dan kelemahan dari program ini : 

Kelebihannya?

1.    Siswa bisa menyelesaikan studi/belajar dengan cepat, biasanya studi bisa selesai dalam waktu 2 tahun saja.
2.    Hanya orang kaya dan cerdas atau siswa menyukai belajar ritme cepat yang bisa mengikuti program ini :D
3.    Program akselerasi dapat mengefisiensi waktu.

 Kelemahannya?

1.    Program ini tidak cocok buat siswa yang menyukai ritme normal ataupun siswa yang berprestasi namun tidak menyukai ritme cepat.
2.    Karena merupakan program eksklusif, program ini merupakan program sekolah yang paling mahal yang pernah ada. Biaya pembelajarannya pun sangat mahal, hanya murid kaya namun pintar yang bisa masuk program ini, siswa yang kurang mampu tidak dapat mengikuti program ini meskipun mereka pintar.
3.    Program ini hanya tersedia di SMP dan SMA, itupun hanya beberapa sekolah yang ditunjuk.
4.    Banyak orang yang bilang kalau ada siswa yang masuk program ini pintar ataupun berprestasi tinggi, bahkan ada yang bilang jenius. Sementara siswa yang tidak bisa masuk program disebut siswa tidak pintar, program ini sama sekali tidak memupuk nilai kebersamaan karena argumen orang kebanyakan yang kaya diatas. Sebenarnya ada benarnya namun juga ada salahnya. Lha wong teman-teman saya yang cuma bisa masuk program reguler pada pintar-pintar tuh, bahkan ada yang menjuarai olimpiade provinsi.
5.    Banyak pihak yang menuntut program ini ditutup karena ternyata program ini justru memiliki dampak negatif daripada positif.
6.    Karena merupakan program yang menginginkan ritme belajar cepat, siswa dituntut untuk bisa belajar dengan cepat. Contohnya jika hari ini adalah awal pertemuan pelajaran maka besok sudah diadakan ulangan harian. Banyak siswa yang kewalahan dalam program ini.

Itulah kelebihan dan kekurangan dari program ini, jika ada yang bertentangan ataupun mendukung pendapat anda. Maka itu terserah anda sendiri. Dan itu saja dari saya. Kurang lebihnya mohon maaf.


Wassalamualaikum.

Sumber : dari buku paket bhs. Indonesia dan pendapat saya sendiri.


Kritik dan saran dibutuhkan.

Terima kasih
Previous
Next Post »