Pengertian Teks Anekdot (pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA Semester 2)

Pengertian Teks Anekdot (pelajaran Bahasa Indonesia Kelas X SMA)

Assalamualaikum guys
gimana kabar brosis semua nih? moga baik-baik saja nih..
saya akan menjelaskan apa sih itu teks anekdot, mulai dari pengertiannya sampai contoh teks anekdot tersebut, dan langsung saja


Pengertian Teks Anekdot :
adalah sebuah cerita sindiran singkat yang mengundang gelak tawa dan lucu tentunya.. anekdot terkadang muncul dari kisah nyata seseorang yang terkenal atau masyarakat sekitar dan terkadang juga hanya berupa cerita rekaan yang tentunya tidak terjadi dimasyarakat (atau bisa dibilang tidak nyata).
teks anekdot dapat membuat partisipan atau orang yang mengalaminya menjadi jengkel, perasaan jengkel tersebut adalah suatu krisis yang ditanggapi sebagai reaksi suatu cerita tersebut.


ciri-ciri Teks Anekdot :

-berupa sindiran yang membuat jengkel, frustasi, dan konyol.
-rata-rata, cerita anekdot memberi sindiran pada tokoh-tokoh penting di masyarakat (contohnya kayak abraham lunggana atau Haji Lulung).

struktur teks anekdot :

-Abstraksi : gambaran kejadian awal cerita, terasa biasa-biasa saja.
-orientasi : bagian yang menunjukkan latar belakang suatu cerita, kalau mau pendeknya sih : latar belakang suatu peristiwa.
-krisis : kejadian dimana permasalahan muncul, biasanya berupa kejadian yang aneh (atau bisa dibilang lucu).
-reaksi : tanggapan dari orang-orang yang melihat kejadian tersebut. 
-koda : kejadian akhir cerita, biasanya berupa kesimpulan isi cerita dan akhir dari cerita.

contoh Teks Anekdot :

si asisten yang cerdik

       Suatu hari yang cerah. Ada seorang asisten wakil direktur perusahaan minyak sedang berkendara menuju sebuah Bank, si asisten itu menaiki sebuah mobil bermerk Lykan Hypersport Setelah sampai dibank, si asisten masuk ke Bank tersebut dan meminta pinjaman uang sebesar Rp300.000.000,00 selama 10 bulan kepada bank dan juga meminta agar mobil tersebut ditahan oleh Bank sampai pinjamannya lunas. Setelah 10 bulan berlalu, si asistennya datang ke bank tersebut dan melunasi pinjamannya tersebut beserta Rp15.000.000,00 sebagai bunganya dan mengambil mobil Lykan Hpersport miliknya. Seorang petugas dari pihak bank pun bertanya kepada asisten tersebut mengapa dia meminjamkan uang sebanyak itu. Dan si asisten itu berkata : “ saya harus ke amerika selama 10 bulan dan dimana lagi saya harus menitipkan si Lykan selama itu dengan hanya Rp15.000.000,00?” seketika petugas tersebut diam sejenak dan kemudian tertawa terbahak-bahak karena mengetahui kecerdikan asisten tersebut.


terima kasih

wassalamualaikum 

kritik dan saran dibutuhkan...

Previous
Next Post »