Kelebihan dan kekurangan ban soft compound



Kelebihan dan kekurangan ban soft compound

Assalamualaikum wr.wb
Mungkin dari anda pembaca blog ini pasti tahu dengan ban soft compund ini, yap. Bagi anda yang belum tahu apa itu ban soft compound, biar saya jelasin dulu deh. ban ini adalah yang artinya dalam bahasa indonesia adalah ban kompon lembut/ lembek. Ban jenis ini biasanya bagus dipakai buat balapan karena memiliki grip yang tinggi.



 
Contoh ban soft compound
Sumber foto : blog sebelah (lupa nama blognya)


Namun dibalik itu semua. Pasti ada kelebihan dan kelemahan dari barang tersebut, berikut ini kelebihannya dulu :

1.    Lebih aman dan mantap menikung ditikungan tajam. (bukan nikung pacar orang lho ya :D) mengapa begitu? Karena komponnya mempunyai grip yang lebih tinggi daripada ban HC (hard compound). Selain itu kompon ini mudah sekali panas.

2.    ban soft compound mudah panas.  karena mudah panas, ban ini sangat lengket di aspal. Dan beberapa ban soft compound dirancang untuk jalan basah sehingga lebih aman saat riding atau balapan dijalanan basah.

3.    Bisa late-braking dengan baik dan lebih safety. Yang artinya adalah telat ngerem.. eitss bahaya mah kalau telat ngerem :v arti sebenarnya adalah jika anda ngerem normal ataupun ngerem mendadak, ban tidak langsung stop atau rem tidak langsung mengunci. Motor akan melambat pelan-pelan dan kemudian berhenti. Tidak seperti ban HC yang jika ngerem mendadak akan langsung stop dan rem langsung ngunci, jadi ban soft compond lebih aman untuk pengendaraan dengan kecepatan tinggi.

4.    Bisa dipakai buat harian. Yap. beberapa pabrik ban merancang ban soft compound bukan untuk balapan saja, melainkan juga untuk harian. Cocok untuk rider harian yang ingin merasakan grip tinggi.

5.    Menaikan image pada motor. Karena ban jenis ini merupakan aliran ban balap / race tire, maka tidak jarang tujuan orang membeli ban ini bukan hanya ingin merasakan grip tinggi. namun juga untuk menaikan image pada motornya karena ukuran ban yg terlihat sporty.     

6.    Grip yang tinggi membuat ban jenis ini selalu menempel diaspal, menjadikan lebih stabil dikecepatan tinggi.




Kelemahannya ?

1.    Lebih cepat aus. Karena kompon pada ban ini tergolong cepat panas, maka ban jenis ini paling cepat aus. Biasanya ban jenis ini aus total/ sudah gundul pada pemakaian 10000-13000km/ 1 tahun  dalam pemakaian harian dan kalau dipakai buat touring, bisa lebih cepat lagi. Paling 3 bulan sudah botak duluan. berbeda dengan ban HC yang baru setengah aus pada pemakaian 15000km dan gundul pada pemakaian 24000km. Ban ini tidak cocok buat rider touring (sudah jelas banget :’v).

2.    Harganya yang cukup mahal dan tidak semua bengkel menjual ban jenis ini.Harga Ban soft compound yang paling murah saja mencapai Rp275 ribu/pcs, itu sudah membuat dompet “jebol”. Biasanya rentang harga ban soft compound diantara Rp350-1250 ribu/pcs, sudah jelas jika Ban ini tidak cocok buat orang yang ekonomis. Dan tidak semua bengkel menjual ban jenis ini karena permintaan ban soft compound yang relatif sedikit.

3.    Tarikan motor jadi berat, susah meraih top speed, BBM jadi boros.Karena ban soft compound membuat ban selalu nempel diaspal dan mudah panas, tarikan motor jadi cukup berat. Dan karena tarikan berat itulah yang membuat susah meraih top speed dan motor jadi “haus” BBM. Pastikan jika anda menganti ban jenis ini disarankan untuk menaikan ukuran sprocket gir belakang (minimal naik 1 mata)

4.    Ban ini.. ( isi sendiri)





Itu saja dari saya, kurang lebihnya mohon maaf. Salam satu aspal :D
Wassalamualaikum wr.wb

Kritik dan saran dibutuhkan
Sumber : blog tetangga dan pengalaman saya sendiri
Previous
Next Post »

10 comments

Write comments
Sunnyday
AUTHOR
September 16, 2015 at 7:06 AM delete

note : tulisannya gak mau di perbaiki.. tiap di perbaiki masih begitu saja.. mohon maaf atas ketidaknyamanan ini

Admin

Reply
avatar
Putri
AUTHOR
April 27, 2016 at 9:26 PM delete

Bener...Kalo ban jenis soft memang boros alias cepat tipis,tapi parts lainnya juga butuh penyesuaian sproket sekaligus rem supaya dapat menyesuaikan kenyamanan pengendara.

Reply
avatar
May 6, 2016 at 1:46 PM delete

nulis jgn langsung di blog bro, notepad++

Reply
avatar
ALDI
AUTHOR
July 4, 2016 at 11:34 PM delete

Note : untuk hobi yg ekstrem keselamatan tinggi harganya mahal..

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 26, 2017 at 5:50 AM delete

Anda salah ban ini khusus untuk cornering atau road race dan tdk ada kata mengurangi top speed
Anda kurng tepat menyampaikan pesan mas sqya org turing tpi sya memakai ban soft compon karna lbih enak

Reply
avatar
Alfie Sastra
AUTHOR
September 17, 2018 at 9:10 AM delete This comment has been removed by the author.
avatar
Alfie Sastra
AUTHOR
September 17, 2018 at 9:12 AM delete

Jangan pada sok tahu , rasain aja kenyamanan nya enak pake ban apa kalo mau yg enak yaa pasti harga gk murahan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 4, 2018 at 5:46 PM delete

Ralat om,ban soft compound justru lebih mudah buat nyari top speed,saya pakai r15 v2 ,ban irc fasti 1 depan ukurann 100/70-17,belakang 140/70-17 tetep enak om,malah lbh irit bbm

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
November 22, 2018 at 2:31 AM delete

Ko ga nyampe top speed ?, Malah Nambah kenceng kali :v Reveiw nya gmna si :v
#JakartaCornering
#Monasco

Reply
avatar